Awas! Inilah Pertanda Paru - paru Mengalami Kerusakan

Sumber : pasadenacyberknife
Kunci kesehatan pada diri seseorang bisa dilihat dari gaya hidupnya. Jika seseorang menerapkan gaya hidup yang buruk, kondisi kesehatan juga bisa terganggu. Salah satu hal yang bisa dilihat apakah tubuh Anda sehat adalah kondisi pernafasan seseorang. Karena dengan mengetahui kondisi pernafasan, akan bisa dilihat kondisi medis seseorang. Jika kondisi dari pernafasan mulai tidak teratur bahkan mengalami sesak nafas, mungkin hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa paru-paru sedang mengalami masalah. Nah, kita harus mengetahui tanda-tanda apa saja paru-paru bermasalah dan mulai mengalami kerusakan. Berikut ulasannya seperti dilansir pada laman merdeka.com ( 18/10/2017 ):
 
Batuk yang Terjadi Secara Terus Menerus
Batuk memang bisa terjadi pada siapa pun, baik anak kecil, dewasa maupun lanjut usia. Namun, jika kondisi batuk terjadi secara terus menerus tanpa henti, maka Anda harus berhati-hati. Bisa jadi kondisi tersebut mengindikasikan penyakit paru-paru / kondisinya memburuk.

Bahkan hal tersebut memberikan pertanda bahwa paru-paru terjangkit penyakit, baik itu TBC maupun COPD. TBC dan COPD bisa terjadi akibat dari batuk membandel tanpa jeda. Nah, apabila Anda mengalami batuk-batuk tanpa henti, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan medis pada dokter dengan rontgen paru-paru.

Tarikan Nafas Menjadi Pendek
Gangguan pada pernafasan sering berkaitan dengan masalah paru-paru. Terjadinya nafas yang pendek bukan hanya disebabkan faktor usia, bisa jadi hal tersebut mengindikasikan bahwa paru-paru terjangkit penyakit COPD ( Chronic Obstructive Pulmonary Disease ).

Banyak orang yang mengurangi aktivitas dan memilih beristirahat jika mengalami nafas yang pendek-pendek. Banyak yang beranggapan bahwa nafas pendek-pendek adalah memang usia yang sudah tua. Padahal hal tersebut bisa jadi merupakan sebuah gejala paru-paru yang bermasalah atau COPD. Jadi salah satu cara yang harus dilakukan untuk tetap bugar dan sehat adalah dengan melakukan aktivitas sehat secara aktif, sehingga kondisi paru-paru akan terus membaik.

Itulah pertanda yang bisa melihat apakah paru-paru Anda sudah mengalami kerusakan. Oleh karena itu rawatlah organ penting pada tubuh Anda, karena aset yang mahal ini tak bisa tergantikan dengan apapun. Terapkan pola hidup sehat dan rajin-rajinlah berolah raga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel