Waspada! Ginjal Akan Cepat Rusak Jika Anda Lakukan 4 Hal Sepele Ini

Sumber : ba-bamail.com
Peranan organ ginjal dalam tubuh memang cukup kompleks. Di antaranya berfungsi sebagai pusat penyaringan darah, menyaring racun dan pembuangan limbah, serta berbagai fungsi penting lainnya. Bayangkan saja jika organ penting ini mengalami gangguan atau kerusakan, pastinya sangat membahayakan organ tubuh lainnya dalam menjalankan fungsinya. Untuk itulah pentingnya menjaga kesehatan ginjal dengan menghindari beberapa hal buruk yang dapat merusak organ ginjal tersebut. Seperti dilansir pada laman liputan6.com ( retrieved 09/10/2017 ), berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak organ ginjal, yang harus Anda hindari sejak dini.
 
1. Seringnya menahan kencing 
Sering menahan kencing akan mengganggu sistem kerja ginjal, saluran urine, maupun kandung kemih. Sementara jika kebiasaan buruk ini terus dibiasakan, maka dampak terburuk akan berakibat pada gagal ginjal.
 
2. Malas minum air putih 
Sudah semestinya air putih menjadi kebutuhan pokok bagi tubuh demi melancarkan kinerja organ tubuh secara menyeluruh, terutama ginjal. Kurangnya asupan air putih akan sangat memberatkan fungsi organ ginjal, bahkan sistem metabolisme dan pembuangan racun dalam tubuh tidak berjalan maksimal. Untuk itulah mulai sekarang sayangi tubuhmu dengan mencukupi asupan air putih, setidaknya kisaran 8 gelas per harinya.
 
3. Tidak memperhatikan asupan nutrisi untuk organ ginjal 
Memenuhi asupan nutrisi demi menjaga kesehatan ginjal juga harus Anda perhatikan. Dalam hal ini ginjal sangat membutuhkan asupan Vitamin B6 demi memaksimalkan kinerjanya. Sementara Vitamin B6 sangat mudah kita dapatkan pada buah – buahan dan sayuran, layaknya alpukat, pisang, semangka, melon, tomat, sawi, brokoli, bayam, paprika dan lainnya.
 
4. Tubuh malas bergerak 
Kurangnya aktivitas gerak pada tubuh bisa mengakibatkan peredaran darah tidak lancar. Demikian lambat laun akan berdampak buruk pada semua organ dalam tubuh termasuk ginjal. Bahkan peredaran darah yang tidak lancar akan memicu berbagai penyakit bermunculan. Untuk itu luangkanlah sedikit waktu untuk olahraga ringan setidaknya 20 sampai 30 menit per harinya. Dengan begitu kesehatan seluruh organ tubuh akan tetap terjaga dengan baik. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel